FAZDUANI 20 KEGIATAN 10 AKHIR RAMADHAN



KEGIATAN DI 10 HARI AKHIR BULAN RAMADHAN


Assalamualaikum teman teman.
Gimana kabar puasa dari awal hingga hari ini ? Kalau jawabannya lancar berarti sama dong. Fazduani juga puasanya Alhamdulillah asyik banget. 

Kawan kawan udah kembai lagi nih ya ! buat tetap semangat membaca , apalagi kalau yang nulis.
Penulis Cilik,siapa lagi kalau bukan anak terganteng dan termanis dikelas 5A Fazduani.

Jadi kawan kawan kali ini Fazduani mau mengejar Lailatul qodar, seperti yang disampaikan guru ngaji.

  "Lah, emang Fazduani mau lari lari apa, kok ngejar ngejar lailatul Qodar ?"

Eits, jangan salah kaprah begini dong kawan kawan. Yang bakal Fazduani kejar nih Keutamaannya Lailatul Qodar . Tau gak sih, apa itu Lailatul Qodar ? Cekidot ke bawah maka akan Fazduani bagi bagi ilmunya secara gratis. tapi, harus dibagikan juga ke temen temen yang lain ya. Jangan dibaca sendiri,OK !


Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ, malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur'an.


Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.



Emang Lailatul Qodar ada keistimewaanya ya faz ?"

Wow, ya jelas buanyak kawan. Buat kawan kawa yang masih penasaran, yuk kita gali lagi surat Al qodr nya. Pasti pada hafal kan ! yuk kita sama sama melantunkannya bareng Fazduani.

QS Al-Qadr ayat 1-5:

(1) إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan.

(2) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ
Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

(3) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

(4) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ
Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

(5) سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ
Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.


Alhamdulillah teman teman sudah dapat pahala bareng orang terganteng di 5A siapa lagi kalau bukan Faduani. Kapan lagi coba temen temen dapat pahala sama Fazduani. "Lalu, keistimewaanya dimana sih ?"

Keistimewaan Lailatul Qodar 
Yaitu lebih baik dari seribu bulan.

1 Lailatul Qadar  adalah waktu ditrunkannya a quran
2. Malam dengan penuh keberkahan 
3. Lailatul Qodar disikapi dengan Salaam
4. Malam dicatatnya tadir tahunan 
5. Allah akan mengampuni dosa bagi mereka yang menghidupkan malam Lailatul Qodar 


"Bagaimana cara yang dapat kita lakukan agar dapat keistimewaannya Faz?"

Fazduani mempunyai cara spesial kawan. Yang sudah Fazduani tetapkan dan kumpulkan dari guru ngaji juga keluarga nih, jangan lupa juga anjuran dari berbagai ulama.

1. Sholat

Nabi Muhammad SAW seperti diriwayatkan Abu Hurairah pernah bersabda: “Siapa saja yang melaksanakan sholat saat malam Lailatul Qadar karena iman dan berharap pahala dari Allah, dosa-dosanya akan diampuni.” (Hadits Riwayat Bukhari Nomor 1.901). 

Yakinn, temen temen masi mau bolong sholatnya ? Mending di tambahin yuk sholat sholatnya. Jangan pada bolong. Masa ikut hari raya tapi amalnya berlobang. 

2. Dzikir

Jadi, guys diamnya Fazduani in bukan berarti diam malah menyebut ama Allah. Ini alig ampan dilakuin kok jadi jangan khawatir buat gak mampu lakuin. Kalau Fazduani aja bisa gimana sama teme temen yang lain kan.

3. Ikhtikaf

Iktikaf adalah berdiam di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu dengan niat semata-mata beribadah hanya untuk Allah SWT. Iktikaf adalah momen untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dengan melakukan serangkaian ibadah. Ada beberapa syarat untuk sahnya iktikaf, antara lain beragam Islam, sudah baligh, dilaksanakan di masjid (baik masjid jami' maupun masjid biasa), dan memiliki niat iktikaf.

Fazduani ngelakuinnya bareng kakak. Sambil nunggu adzan magrib fazduani mainnya ke masjid kaankaan. kalau kalian?

4. Perbanyak tobat
Manusia tak pernah luput dari yang namanya salah dan dosa. Mumpung masih ada waktu di sepertiga terakhir Ramadan, isi malam-malam terakhir Ramadan dengan memperbanyak taubat dan permohonan ampun. Kalau bertepatan dengan malam lailatul qadar, berkahnya akan sangat luar biasa.
Selama masih ada waktu dan kesempatan, manfaatkan setiap waktu yang tersisa di bulan Ramadan ini dengan berbagai ibadah dan amalan.

Hayo, yang kemarin masih nyolong pensil sama penghapus sobat. Gitu gitu dosa loh, ayok buruan 
tobat.

5. Membaca Al Quran 
Kegiatan belajar, membaca, memahami, dan menghayati Alquran merupakan salah satu cara raih lailatul Qadar yang dapat dilakukan. Rasulullah Saw. bersabda, “Bacalah oleh kalian Alquran. Karena sesungguhnya Alquran itu akan datang menghampiri kalian di hari kiamat sebagai syafaat.” (HR Muslim)

Ada banyak keutamaan membaca Al Quran, terlebih pada bulan Ramadan seperti sekarang ini. Beberapa keutamaan itu diantaranya adalah selain semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, membaca Al Quran juga memperoleh dua pahala yakni pahala membaca dan pahala susah payahnya:

“Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi ta’at, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan tergagap dan susah membacanya baginya dua pahala.” (Hadits Muttafaq alaih).

Segera perbanyakin baca al quran ya guys.

6. Perbanyak doa
Hayo, temen temen pada banyak doa gak ? yang ini harus temen, kalau kalian pada gak mau berdoa gimana mau Allah kasih orang yang mau dikasih gak minta. Emang ngaruh faz ?
Jelas ngaruh temen temen.

Perbanyak doa di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadan untuk meningkatkan peluang meraih kemuliaan malam lailatul qadar. Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam itu.

Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul Qodar, apa yang harus aku ucapkan?”, beliau menjawab: “Ucapkanlah; ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ANNA” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)

Gimana ? masih mau gak banyakin doa.

7. Menghidupkan Malam Lailatul qadar 
Dibutuhkan usaha keras dan tidak kenal lelah untuk selalu meningkatkan intensitas ibadah terutama pada sepuluh akhir di bulan Ramadhan sebagaimana yang dipraktikan Rasulullah SAW. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan hadits riwayat Muslim. “Dari Aswad dari Aisyah ra ia berkata bahwa Nabi saw meningkat amal-ibadah pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan melebihi di waktu yang lain,” (HR Muslim).

Dalam riwayat lain dikatakan bahwa Rasulullah SAW mengencangkan kain bawahnya, menghidupkan malamnya dan membangungnkan keluarganya.

“Dari Aisyah RA, ia berkata, bahwa Rasulullah SAW ketika masuk sepuluh terakhir bulan Ramadhan, mengencangkan kain bawahnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya,” (Muttafaq ‘alaih).

Yuks, buruan dikejar deh kawan kawan. Mudahkan ? lah itu semua Fazduani lakuin di malam 10 akhir ramadhan kawan kawan. Selain itu semua emang Fazduani gak ngelakuin hal lainnya ? 

Waduh ! kalau yang ini pasti Fazduani ada dong. Yaitu berbagi santunan kepada anak yatim.





Ini Fazduani lagi proses packing temen temen. Hari ini Fazduani mau bagi bagi santunan bareng anak yatim piatu. Kalau kata kakak sih bersedekah itu indah. dan Fazduani merasakan saat memasukkan dan ngepacking barangnya. 



Ini Fazduani bareng mama lagi bungkus bungkus hadiah buat saudara yatim kita. Fazduani bener bener niat ngerjainnya sampai jam 10 malem bareng Panitia Peduli Yatim, MZ Lumajang. Wah bener bener asyik kawan kawan. 





Fazduani lagi nyusun snack nih temen temen buat persiapan hari ini. Jadi Fazduani punya agenda kalau hari mau bagi bagi amal. Buat temen temen kalau hari ini untuk memperbanyak amal ngapain ? Kalau masih belum tau yuks bareng orang terganteng di 5A aja buat bagi bagi, siapa lagi yang palking terkece dan tersayang kalau bukan Fazduani.


Sekian dulu dari penulis cilik nih ya kawan kawan. Semangat selalu buat puasanya. Kalian bisa nerapin dirumah ya. Jangan bosen bosen buat baca. bye !



SALAM DARI ORANG TERGANTENG, TERKECE, TERSAYANGNYA 5A

FAZDUANI


WASSALAMUALAIKUM WR WB


0 Response to "FAZDUANI 20 KEGIATAN 10 AKHIR RAMADHAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel